Pameran Mumi di Meksiko Dikhawatirkan Jadi Pemicu Teror Kesehatan

Minggu, 02 April 2023 - 16:00 WIB
click to zoom
Pameran mumi yang digelar di Guanajuato, Meksiko baru-baru ini membuat sekelompok peneliti dari National Institute of Anthropology and History, Meksiko, khawatir. Pasalnya puluhan mumi yang dipamerkan itu diyakini memiliki pertumbuhan jamur yang bisa mengganggu kesehatan warga Meksiko. Mereka prihatin karena kondisi pameran diyakini tidak dilakukan dengan komprehensif. Perlindungan yang kurang justru akan membuat penyebaran pertumbuhan jamur akan sangat cepat buat para pengunjung.

Baca juga: Mumi Berusia 4.300 Tahun Ditemukan Dibungkus dengan Emas

"Yang lebih mengkhawatirkan lagi ada beberapa mumi yangdipamerkan tanpa adanya perlindungan khusus akan potensi penyebaran hayati yang berbahaya (biohazard)," bunyi keterangan resmi National Institute of Anthropology and History dikutip Daily Mail. Observasi yang dilakukan National Institute of Anthropology and History memang menguatkan dugaan itu.

Baca juga: Rahasia di Balik Peti Mati Mumi Tercantik di Dunia Terkuak

Pasalnya dari beberapa foto yang diambil dari lokasi pameran ada beberapa mumi menunjukkan tanda kemungkinan berkembang biaknya koloni jamur. Hanya saja para ahli tidak merinci jenis pertumbuhan jamur apa yang mereka maksud.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!