Tabrak Asteroid dengan Pesawat Ruang Angkasa Efektif Selamatkan Bumi

Senin, 06 Maret 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration ( NASA ) yakin metoda menabrak asteroid dengan pesawat ruang angkasa sangat efektif menyelamatkan bumi dari kiamat tabrakan asteroid. Hal itu diyakini setelah melakukan pengujian secara cermat metoda tersebut kala melakukan tabrakan pesawat luar angkasa DART ke asteroid Dimorphos.

Baca juga: Doa Malam Nisfu Syaban, Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Diketahui pada 26 September 2022, NASA mengirimkan pesawat luar angkasa DART (Double Asteroid Rendezvous Test) untuk menarak asteroid Dimorphos. Diharapkan tabrakan yang dilakukan DART akan mengubah jalur lintasan Dimorphos yang memang berpotensi menabrak bumi. Setelahnya selama lima bulan NASA melakukan penelitian mengenai dampak tabrakan tersebut.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Fase Grup Piala Asia U-20 2023

Temuan yang dilaporkan ke jurnal Nature itu menganalisa dampak yang dihasilkan oleh tabrakan, melaporkan garis waktu yang mengarah ke dampak, menentukan secara rinci lokasi dan sifat situs dampak, dan mencatat ukuran dan bentuk Dimorphos pascatabrakan. Hasilnya menurut tim penguji yang dipimpin oleh para ilmuwan dari Johns Hopkins Applied Physics Laboratory (APL) diketahui sangat efektif dalam mengubah lintasan asteroid.Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!