Ini Cara DKI Jaga Stabilitas Pangan Jelang Ramadhan

Minggu, 05 Maret 2023 - 17:00 WIB
click to zoom
Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan berbagai upaya untuk stabilisasi pasokan dan harga bahan pangan jelang Ramadhan. Saat ini, menjaga stabilitas ketahanan pangan menjadi fokusnya. “Untuk itu fokus kami menjaga stabilitas harga. Sebenarnya sepanjang tahun DKI terus melakukan pengendalian, namun jelang hari besar keagamaan dilakukan lebih intensif lagi,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati dalam keterangannya, Senin (20/2/2023).

Baca juga: Kota dan Kabupaten DKI Jakarta Cetak Sejarah Baru di Tahun 2023

Eli mejelaskan, Pemprov DKI di antaranya monitoring harga, stok, dan pasokan secara rutin ke lokasi sumber pangan (pasar, distributor, toko, dan lain-lain) sebagai bentuk early warning system (EWS) yang dilakukan Dinas KPKP, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM), PT Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Dharma Jaya dan Perumda Pasar Jaya, serta Satgas Pangan.

Baca juga: Skema Kampung Deret, Jurus Pemprov DKI Benahi Permukiman Kumuh

“Lokasi pemantauan yang dilakukan Dinas KPKP adalah 47 pasar tradisional dan 11 pasar retail modern,” ucapnya. Selain itu, Eli mengatakan, Pemprov DKI menyelenggarakan program Pangan Subsidi Bagi Masyarakat Tertentu yang tahun ini dimulai sejak 24 Januari 2023. Dalam program ini, masyarakat dapat mengambil paket pangan seharga Rp126.000, terdiri dari komoditas beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, ikan kembung, dan susu di 336 lokasi distribusi.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!