130 Tank Rusia Hancur dalam Pertempuran Epik di Vuhledar

Jum'at, 03 Maret 2023 - 17:15 WIB
click to zoom
Ukraina mengeklaim Rusia telah kehilangan 130 tank dan kendaraan pengangkut personel lapis baja dalam pertempuran epik di Vuhledar. Seorang pejabat pemerintah Presiden Volodymyr Zelensky, yang dikutip New York Times tanpa disebutkan namanya, mengatakan kekalahan besar-besaran pasukan Moskow itu disebabkan oleh kurangnya keahlian.

Baca juga: Peluru Kendali Razer, Pasangan Serasi Drone Strix

Pertemuran di kota Vuhledar, Ukraina selatan, berlangsung dalam tiga minggu. "Ini adalah pertempuran tank terbesar dalam perang sejauh ini, dan kemunduran yang menyakitkan bagi Rusia," kata pejabat Ukraina tersebut. "Banyak dari unit paling elite mereka dibiarkan berantakan dari pertempuran sebelumnya," ujarnya. Sedangkan personel Rusia yang baru wajib militer kurang pengalaman dan pengetahuan tentang taktik Ukraina menyergap kolom tank.

Baca juga: Tidak Gratis! Ukraina Harus Bayar Senjata dari Barat

“Diledakkan oleh ranjau, dipukul dengan artileri atau dilenyapkan oleh rudal anti-tank, kendaraan lapis baja Rusia yang hangus sekarang mengotori ladang pertanian di sekitar Vuhledar, menurut rekaman drone militer Ukraina,” imbuh laporan New York Times,Jumat (3/3/32023). Militer Rusia belum berkomentar atas klaim Ukraina tentang nasib ratusan tank Moskow dalam pertempuan Vuhledar.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!