Ilmuwan Berhasil Ungkap Ukuran Asli Matahari

Rabu, 01 Maret 2023 - 21:00 WIB
click to zoom
Ilmuwan berhasil mengungkap ukuran asli matahari selama ini menjadi perdebatan. Terkait hal tersebut, telah terungkap fakta mengejutkan mengenai matahari di Tata Surya kita ini.Seperti dilansir dari Daily Star, segala aktivitas matahari dipantau oleh wahana antariksa yang bernama Solar Orbiter. Selain pergerakan dan perubahan matahari, wahana tersebut juga bisa mengungkap ukuran sejatinya.

Baca juga: Iran Ancam Habisi Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Sebagaimana ketika ada Planet Merkurius yang melewati wajahnya. Terdeteksi pada 3 Januari 2023, ada fenomena Planet Merkurius yang jaraknya sangat dekat dengan matahari. Pendekatan keduanya ini ada dalam gambar yang Solar Orbiter kirim ke ESA. Adanya peristiwa tak biasa tersebut berhasil menarik antusias dari para ilmuwan.

Baca juga: NASA Pilih Sepuluh Calon Penjelajah Bulan dan Mars

Untuk bisa mengamati fenomena di antariksa , ilmuwan telah mengerahkan banyak teknologi. Instrumen teknologi canggih tersebut mendukung kinerja Solar Orbiter dalam mengamati matahari. Adapun instrumennya meliputi SPICE, PHI, dan EUI. Berkat instrumen tersebut, hasil pengamatannya terlihat jelas dan detail. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!