Misteri Detak Sinyal Matahari Terpecahkan

Selasa, 28 Februari 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
Misteri detak sinyal matahari yang dipancarkan selama letusan atau jilatan matahari akhirnya terpecahkan. Para peneliti menunjukkan dengan tepat kemungkinan asal sinyal seperti detak jantung misterius yang dimuntahkan matahari selama jilatan api matahari .

Baca juga: Doa Malam Nisfu Syaban, Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Temuan ini dapat membantu mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana badai matahari yang berpotensi merusak dilepaskan. Dalam studi yang diterbitkan 12 Desember 2022, di jurnal Nature Communications, Sijie Yu, astronom radio surya di New Jersey Institute of Technology (NJIT), menganalisis sinyal detak jantung yang terkandung dalam suar kelas C sedang yang meletus pada 13 Juli 2017.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Fase Grup Piala Asia U-20 2023

Setelah menganalisis data yang dikumpulkan oleh NJIT's Expanded Owens Valley Solar Array (EOVSA) di California dan Observatorium Dinamika Surya NASA , tim menemukan sinyal detak jantung sekunder. Sinyal kedua tak terduga, yang tampaknya terkait dengan sinyal asli, memungkinkan para peneliti untuk menentukan dengan tepat apa yang terjadi selama jilatan api matahari untuk memicu pasangan sinyal tersebut.Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!