Bulan Mini Diprediksi Tabrak Bumi antara 2075 dan 2122

Selasa, 21 Februari 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
Fenomena bulan mini yang muncul pada 2 Juli 2022 lalu ternyata memiliki cerita baru yang cukup mengkhawatirkan. Bulan mini bernama 2022 NX1 yang ditemukan oleh dua orang astronom Grzegorz Duszanowicz dan Jordi Camarasa itu ternyata bukanlah objek langit yang dibayangkan sebelumnya.

Baca juga: Kapal Kargo Rusia Progress 82 Dijatuhkan di Samudra Pasifik

Saat pertama kali ditemukan, Grzegorz Duszanowicz dan Jordi Camarasa mengira bahwa objek langit itu adalah asteroid atau sampah luar angkasa hasil dari satelit atau pesawat luar angkasa yang tidak lagi digunakan. Hanya saja pergerakannya terus berada di wilayah orbit bulan membuat astronom banyak yang bingung dengan 2022 NX1. Ada yang berpendapat 2022 NX1 adalah asteroid yang tertarik pada orbit bumi. Ada juga yang tetap menganggapnya sebagai sampah luar angkasa.

Baca juga: Cocok Bagi Penderita Kolesterol, Ini Manfaat Manggis untuk Tubuh

Bahkan ada juga yang menganggapnya sebagai pecahan bulan atau ejecta bulan. Hal itu yang kemudian coba diteliti oleh sekelompok peneliti dengan menggunakan teleskop besar Gran Telescopio Canarias di La Palma, Spanyol. Dari situ mereka memastikan 2022 NX1 tidak terlihat buata atau bagian yang terlepas dari bulan. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!