Kapal Kargo Rusia Progress 82 Dijatuhkan di Samudra Pasifik

Senin, 20 Februari 2023 - 21:30 WIB
click to zoom
Setelah mengalami penundaaan selama 24 jam, kapal kargo luar angkasa Rusia Progress 82 akhirnya dilepaskan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 19 Februari 2023. Kapal kargo Progress 82 diperkirakan akan jatuh di atas Samudra Pasifik Selatan. Kapal kargo robotik yang oleh NASA disebut Progress 82 dan disebut Progress MS-21 oleh Roscosmos dilepaskan dari ISS setelah mengalami kebocoran pada sistem pendingin 11 Februari 2023.

Baca juga: Cocok Bagi Penderita Kolesterol, Ini Manfaat Manggis untuk Tubuh

Ini merupakan kasus kebocoran kedua, sebelumnya kebocoran dialami modul Soyuz MS-22 akibat hantaman meteorid pada Desember 2022. Pesawat ruang angkasa Progress 82 meninggalkan modul Poisk setelah hampir empat bulan berlabuh di ISS. Selama proses pelepasan Progress 82 para astronot dan kosmonot di ISS melakukan pemeriksaan foto pesawat dengan lengan robotik untuk melihat tanda-tanda kerusakan.

Baca juga: 4 Camilan Ini Aman Dikonsumsi Malam Hari

“Alasan kebocoran cairan pendingin terus diselidiki oleh spesialis NASA dan rekan-rekan Roscosmos," kata Jeff Arend, Manajer Kantor Rekayasa dan Integrasi Stasiun Luar Angkasa Internasional NASA di Johnson Space Center di Houston dikutip dari laman Space, Senin (20/2/2023). Setelah Progress 82 dilepas dari ISS, kosmonot memerintahkan kapal kargo untuk berputar 180 derajat sehingga dapat memotret lebih banyak citra pesawat ruang angkasa yang bocor. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!