Simak! Ini 5 Negara NATO dengan Militer Terkuat

Kamis, 16 Februari 2023 - 08:40 WIB
click to zoom
Berdasarkan pemeringkatan atas 145 negara di dunia dengan militer terkuat yang dilakukan Global Firepower, empat negara NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) berada di 10 besar. Negara-negara itu memiliki militer yang diperkuat peralatan tempur canggih. NATO merupakan aliansi politik dan militer bidang keamanan yang kini beranggotakan 30 negara. Berikut 5 negara NATO dengan militer terkuat menurut Global Firepower 2023.

Baca juga: JAS 39 Gripen, Pesawat Tempur Multiperan Tercanggih Swedia

Amerika Serikat (AS) adalah negara NATO yang menempati posisi pertama dengan militer terkuat dalam pemeringkatan Global Firepower. Indeks kekuatannya, atau yang disebut dengan PwrIndx, sebesar 0,0712. Pengukuran skor ini didasarkan pada lebih dari 60 faktor dengan beragam kategori, mulai dari jumlah unit militer dan status keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi.

Baca juga: Deretan Mortir Mematikan Karya Anak Bangsa

Skor PwrIndx AS tersebut sedikit lebih kuat dibandingkan Rusia yang berada di posisi kedua dengan skor PwrIndx 0,0714. Negara yang dipimpin Presiden Joe Biden ini memiliki anggaran pertahanan USD761.681.000.000, dengan jumlah personel militer diperkirakan mencapai 1.832.000 orang. Lihat selengkapnya di infografis Sindonews.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!