Deretan Mortir Mematikan Karya Anak Bangsa

Senin, 13 Februari 2023 - 18:00 WIB
click to zoom
Mortir sudah digunakan militer dunia sejak puluhan tahun lalu. Mortir sebagai senjata bantuan lintas lengkung, senjata artileri ringan ini bahkan sudah digunakan pada Perang Dunia I. Saat ini pun, hampir semua satuan TNI yang memiliki pasukan infanteri, dari matra darat, laut, dan udara, dibekali sejumlah beberapa kaliber unit mortir. TNI menggunakan tiga jenis kaliber mortir, yaitu 81 mm, 60 mm, dan 40 mm. Kaliber berpengaruh pada jarak tembak, hulu ledak, dan bobot. Kaliber 81 mm dan 60 mm telah diproduksi sendiri di dalam negeri oleh PT Pindad .

Baca juga: Komodo 4x4 Missile Launcher, Rantis Pindad Bisa Luncurkan Rudal

Kalber 81 mm merupakan mortir paling populer. Ini karena mortir 81 mm memiliki jangkauan memadai. Hal ini secara otomatis membuat kru mortir berada luar jangkauan musuh dn lebih sulit untuk dibalas. Selain itu, daya hancurnya luar biasa relatif terhadap ukuran kalibernya dan bobot cukup ideal untuk dipindah-pindahkan.

Baca juga: Kapal Induk Inggris Pernah Melacak dan Kejar Kapal Selam China

Awal tahun ini, mortir kaliber 81 mm (MO-3) baru dalam proses pengajuan sertifikasi. Dari laman Instagram Dislitbang TNI AD , Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Hery Setiyono memipin Gelar Uji Coba Sertifikasi Mortir Kaliber 81 (MO-3) yang diajukan oleh PT Pindad di Lapangan Tembak Sub Lab Uji Laboratorium Dislitbangad, Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (12/1/2023).
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!