Sikap Negara-Negara NATO soal Jet Tempur untuk Ukraina

Selasa, 07 Februari 2023 - 19:30 WIB
click to zoom
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, memperbarui permintaannya kepada negara-negara NATO untuk menyumbangkan pesawat tempur. Polandia, salah satu anggota NATO, menjelaskan sikap resminya tentang kemungkinan mengirim jet tempur ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan negaranya belum mencapai konsensus tentang masalah tersebut. Dia mencatat bahwa langkah seperti itu harus disetujui oleh blok NATO secara keseluruhan.

Baca juga: Tegas, Presiden Joe Biden Tak Akan Beri Ukraina Jet Tempur F-16

“Namun, semua keputusan tentang jet tempur akan dibuat di dalam NATO, dan saat ini belum ada kesepakatan…Belum ada keputusan yang dibuat," ujarnya, yang dilansir Russia Today, Selasa (7/2/2023). Pernyataan sikap itu muncul setelah Wakil Menteri Pertahanan Polandia Wojciech Skurkiewicz mengatakan pekan lalu bahwa Warsawa tidak berencana memasok jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS) ke Kiev.

Baca juga: Marker UGV, Robot Tempur Rusia Penghancur Tank Leopard dan Abrams

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden membantah bahwa Washington sedang mempertimbangkan untuk mengirim F-16 ke Ukraina. Reaksi negara-negara lainnya terhadap permintaan Ukraina ini simak di Infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!