Pengobatan Covid-19, WHO Dorong Penggunaan Obat Herbal

Jum'at, 15 Mei 2020 - 11:30 WIB
click to zoom
Di tengah upaya global menemukan obat mujarab untuk penanganan Covid-19, Badan Kesehatan Dunia (WHO) membuka ruang pemanfaatan obat herbal tradisional sebagai alternatif penyembuhan. Kebijakan ini direspons positif karena beberapa obat herbal terbukti ampuh.

Di antara negara yang telah memanfaatkan obat herbal tersebut antara lain China, India, Filipina, dan sejumlah negara di Afrika. Indonesia juga memiliki sejumlah obat tradisional (empon-empon) yang telah banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh.

BACA JUGA :

BPJS NAIK DI TENGAH PENANGANAN PANDEMI, BEBAN RAKYAT KIAN BERAT CEGAH PHK , MASYARAKAT DI BAWAH 45 TAHUN BOLEH BERAKTIVITAS

Di China obat herbal yang banyak digunakan adalah artemisia annua atau artemisinin. WHO pun mendorong agar penelitian terhadap obat ini dimaksimalkan supaya benar-benar teruji klinis. “Terapi dari pengobatan tradisional dan alamiah harus menjalani uji klinis untuk mengetahui aspek efektivitas dan keselamatan,” demikian pernyataan Kantor WHO wilayah Afrika, dilansir Reuters. Simak selengkapnya di infografis.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!