Keren! Lalat Hitam Olah Sampah Organik Ramah Lingkungan

Kamis, 02 Februari 2023 - 12:15 WIB
click to zoom

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) mengapresiasi pengelolaan sampah organik biokonversi menggunakan lalat hitam yang pertama di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) Tol Cibubur, yang terletak di Jalan Tol Jagorawi Km 10. Sistem pengelolaan sampah seperti ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Bahaya Gigi Berlubang Jika Dibiarkan

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah berharap bisa semakin banyak fasilitas serupa agar sampah organik bisa dikelola dengan ramah lingkungan. Jadi sampah organik tak harus selalu dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA). "Jangan lagi memindahkan masalah sampah organik ke TPA jika dapat diselesaikan di tempat masing-masing sumber sampah," ujar Zainal dalam pernyataan tertulisnya Kamis (2/2/2023).

Baca juga: Helikopter Mi-28NM, Pembunuh Tank Leopard dan Abrams

Zainal Fatah mengungkapkan pihaknya sangat mendukung upaya-upaya pengembangan teknologi berkelanjutan seperti untuk pengelolaan sampah . Dukungan sejalan dengan upaya Indonesia melaksanakan komitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29% hingga 41% pada 2030 sesuai dengan Perjanjian Paris 2016.

(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!