Iran Bakal Terima Jet Tempur Canggih Su-35 dari Rusia

Selasa, 17 Januari 2023 - 12:00 WIB
click to zoom
Iran akan segera menerima sejumlah jet tempur canggih Sukhoi Su-35 Rusia pada bulan Maret. Itu sebagai bagian dari pesanan peralatan militer yang mencakup sistem pertahanan rudal, rudal, dan helikopter. Hal itu dilaporkan kantor berita Tasnim yang mengutip seorang anggota Parlemen Iran, Shahriar Heydari.

Baca juga: Dukung Ukraina, Inggris akan Kirim Tank Challenger 2

Heydari, yang merupakan anggota Komisi untuk Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen, tidak merinci jumlah jet tempur yang dipesan. “Sebagian besar senjata tersebut akan segera masuk ke negara ini. Misalnya jet tempur Sukhoi Su-35 akan tiba di Iran awal tahun depan,” kata Heydari merujuk pada tahun penanggalan Persia yang dimulai 21 Maret, sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Senin (16/1/2023).

Baca juga: Su-25SM3 Grach, Jet Tempur Tua yang jadi Andalan Rusia

Pemerintah Rusia belum berkomentar atas laporan tentang pesanan jet tempur Su-35 oleh Iran. Iran telah mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan Rusia sejak invasi ke Ukraina dan telah memberi Moskow drone militer untuk perangnya. Hal itu mendorong sanksi yang lebih ketat dan kecaman keras dari Amerika Serikat dan Uni Eropa.
(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!