Jutaan Orang di AS Terancam Debu Arsenik Dampak dari Danau Garam

Rabu, 11 Januari 2023 - 12:00 WIB
click to zoom

Danau Garam Besar atau Great Salt Lake seluas 4.400 km persegi diambang kehancuran karena diperkirakan akan hilang dalam 5 tahun ke depan. Kondisi ini membuat jutaan orang terancam terpapar debu beracun yang terperangkap di dasar danau yang mengering.

Baca juga: 7 Fakta Unik Gunung Jayawijaya, Puncak Tertinggi di Indonesia

Great Salt Lake adalah danau air asin terbesar dengan kandungan garam tertinggi mencapai 29% atau sekitar 8,28 kali salinitas air laut pada tahun 1963. Akibat kandungan garam yang tinggi, orang bisa mengapung di atasnya, sehingga sering dijuluki Laut Mati-nya Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan antara Bebek dan Angsa

Saat ini para ilmuwan mengkhawatirkan kondisi danau telah kehilangan 73% airnya dan 60% luas permukaannya sejak tahun 1850. Para ilmuwan dan konservasionis menyalahkan penggunaan air yang berlebihan oleh peternakan alfalfa dan jerami di kawasan itu, yang mengambil 74% dari triliunan galon dari total air danau.



1Danau Garam Besar Utah Diambang Kehancuran

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada oleh dengan judul "Danau Garam Besar Utah Diambang Kehancuran, Jutaan Orang di AS Terancam Debu Arsenik". Untuk selengkapnya kunjungi:

https://sains.sindonews.com/read/992531/766/danau-garam-besar-utah-diambang-kehancuran-jutaan-orang-di-as-terancam-debu-arsenik-1673398913

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.

- Android: https://sin.do/u/android

- iOS: https://sin.do/u/ios
(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!