Lebihi Kecepatan Suara, Ini 8 Pesawat Tempur Tercepat di Dunia

Selasa, 13 Desember 2022 - 18:00 WIB
click to zoom
Pesawat tempur tercepat yang beroperasi saat ini masih didominasi buatan Rusia, Amerika Serikat, dan China. Pesawat tempur tercepat mampu melesat menembus kecepatan suara atau supersonik sekitar 1.000 Km/Jam lebih, bahkan sampai dua kali kecepatan suara. Pesawat tempur mampu mencapai kecepatan tinggi karena menggunakan mesin yang semakin kuat dan teknologi avionik yang canggih. Berikut 8 pesawat tempur tercepat di dunia dirangkum dari laman hotcars, Selasa (13/12/2022).

Baca juga: Diluncurkan dari Bomber B-52, AS Sukses Uji Coba Rudal Hipersonik

Pesawat tempur Chengdu J-10 dapat mencapai kecepatan Mach 2,2 berkat mesin buatan Rusia Lyulka-Saturn AL-31FN. Pesawat tempur yang dijuluki Vigorous Dragon didesain untuk pertempuran udara-ke-udara dan misi penyerangan. Untuk varian J-10B menggunakan mesin yang ditingkatkan, berarti bisa mencapai kecepatan lebih tinggi. Menurut Airforce Technology, J-10 dapat mencapai kecepatan maksimum 2.327 km/jam, yang berada di bawah Mach 2,2.

Baca juga: MiG-31BM, Jet Tempur Rusia yang Mampu Awasi Ruang Angkasa

Pesawat tempur Mikoyan MiG-35 Fulcrum-F adalah jet tempur terbaru Rusia dan digadang-gadang menjadi salah satu yang terbaik. Pesawat ini ditenagai oleh dua mesin turbofan Klimov RD-33MK dan mampu melesat 2.400 km/jam atau 2,25 Mach. Pesawat MiG-35 Fulcrum-F memiliki dua versi, single dan double-seater, merupakan salah satu pesawat paling menakutkan milik Rusia. Selengkapnya lihat infografis.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!