Hermes 450 UAV, Drone Rusia Buatan Israel

Selasa, 29 November 2022 - 18:00 WIB
click to zoom
Rusia memang dikenal memiliki hubungan baik dengan beberapa negara Timur Tengah. Salah satunya adalah Israel . Diketahui pada beberapa waktu lalu Rusia sempat membeli beberapa drone dari Israel . Dikutip dari france24.com pada 2009 dikatakan bahwa Moskow sepakat untuk membeli pesawat tanpa awak Israel. Rusia juga telah menandatangani kontrak terkait pembelian tersebut yang menjadi pembelian pertama Negeri Tirai Besi dari Negeri Yahudi tersebut.

Baca juga: Israel Berada di Ambang Perang Saudara Yahudi-Arab!

Meskipun pihak Rusia tidak memberitahukan kepada perusahaan mana dan jenis apa yang dibeli, namun terdapat beberapa laporan yang mengidentifikasi bahwa mereka membeli dari Israel Aerospace Industries. Diketahui bahwa kesepakatan tersebut senilai USD50 juta atau sekitar 37 juta Euro. Tujuan dari pembelian ini adalah agar pabrikan Rusia juga dapat membuat hal yang sama ungkap Wakil Menteri Pertahanan Rusia Vladimir Popovkin kala itu.

Baca juga: Inggris Kirim Rudal Canggih Brimstone 2 ke Ukraina

Israel memang dikenal sebagai pembuat drone yang cukup andal di Asia. Bahkan beberapa negara selain Rusia juga tertarik dengan drone ini. Sebut saja Turki, Azerbaijan, hingga beberapa negara di Asia Tenggara . Dikutip dari drones.rusi.org, pada tahun 2017 Israel diperkirakan telah menyumbang lebih dari 60% ekspor drone internasional selama tiga dekade. Israel juga merupakan inovator utama dari sistem anti drone.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!