Pelabuhan Terbesar di Indonesia Beroperasi November 2020

Minggu, 27 September 2020 - 07:00 WIB
click to zoom

Pemerintah akan mempercepat pembukaan Pelabuhan terbesar di Indonesia yakni Pelabuhan Patimban . Pembangunan pelabuhan itu kini tengah dipercepat sebagai upaya menarik investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sekaligus mendukung kegiatan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi COVID-19.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato, mengatakan pelabuhan patimban akan beroperasi pada November 2020. "Kabar baik untuk kita bahwa Pelabuhan Patimban akan beroperasi pada November 2020. Kabar ini sangat membantu ekonomi kita," ujar Airlangga dalam diskusi virtual, Kamis (24/9/2020).

BACA JUGA :

RAIH PENDAPATAN RP8,04 TRILIUN, WASKITA KARYA OPTIMISTIS DI TENGAH PANDEMI

PT PAL AJUKAN PMN RP1,3 T BUAT BIKIN ALUGORO UNTUK GADA PEMUKUL

Sebelumnya Airlangga Hartarto mengatakan, pertumbuhan ekspor dan industri otomotif di Jawa Barat diharapkan makin terdorong dengan adanya pelabuhan ini. “Pelabuhan Patimban memiliki nilai investasi sebesar Rp43,22 triliun dan kebutuhan lahannya seluas 369,5 Ha,” katanya. Mengenai aksesibilitas menuju dan dari Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Patimban saat ini hanya terhubung ke Jalur Pantura non-tol. Sementara Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban yang terhubung dengan Jalan Tol Cikampek-Palimanan telah masuk ke tahap penetapan trase.

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!