Mereka yang menang lawan Covid-19, dan yang masih berjuang

Rabu, 13 Mei 2020 - 07:00 WIB
click to zoom
click to zoom
click to zoom

Sejak Virus Corona (Covid-19) mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019 dan kemudian menjadi pandemi, hingga saat ini telah ada beberapa negara yang mampu mengatasinya. Di Asia Tenggara, Vietnam, Kamboja, dan Thailand telah mampu meredam menyebaran virus ini, sedangkan Indonesia dan beberapa negara lain masih harus berjuang sangat keras untuk menanganinya.

Vietnam mendapat pujian karena mampu menekan rendah jumlah kasus Covid-19, meskipun negara itu berbatasan langsung dengan China - pusat awal pandemi berasal. Meski angka pengujian Covid-19 di Vietnam relatif rendah dan para ahli memperingatkan Kementerian Kesehatan pemerintah yang otoriter adalah satu-satunya sumber data, mereka juga percaya tidak banyak alasan untuk tidak mempercayai pemerintah Vietnam.

Sedangkan indonesia Indonesia masuk dalam kategori mengkhawatirkan dan banyak kendala dalam menangani wabah tersebut. Berbagai upaya pun masih terus dilakukan untuk menekan penyebaran kasus virus corona di Indonesia sekaligus menangani pasien-pasien positif yang telah terkonfirmasi hingga kini.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!