Ancaman Akibat Perubahan Iklim Mulai Dirasakan di Luar Angkasa

Rabu, 26 Oktober 2022 - 19:02 WIB
click to zoom
Ancaman besar pemanasan global akibat perubahan iklim sudah di depan mata. Menurut sebuah studi perubahan iklim yang disebabkan oleh karbon dioksida menghambat kemampuan Bumi untuk membersihkan sendiri atmosfer atasnya, sehingga objek-objek orbit dekat termasuk satelit mengalami sedikit gangguan.

Baca juga: Salman Rushdie, Novelis Ayat-Ayat Setan Alami Buta Sebelah Mata

Bagi perusahaan perawatan satelit perubahan iklim ini tentu menjadi makanan empuk, namun ketidakmampuan Bumi untuk membersihkan diri sendiri akibat kelebihan CO2 akan menambah banyak puing-puing ruang angkasa yang berpolusi dan berbahaya."Puing-puing ruang angkasa menjadi masalah yang berkembang pesat bagi operator satelit karena risiko tabrakan.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Fungsi Penting Ginjal bagi Kesehatan

Penurunan jangka panjang di atas pepadatan atmosfer semakin buruk," ungkap Ingrid Cnossen, seorang peneliti di British Antarctic Survey. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters, menggunakan model penelitian dari seluruh atmosfer untuk memeriksa bagaimana bagian atas wilayah yang membentang ketinggian antara 56 dan 310 mil dari permukaan Bumi telah berubah. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!