Ceko Didesak Meniru Trik Putin, Caplok Kaliningrad dari Rusia

Kamis, 06 Oktober 2022 - 12:30 WIB
click to zoom
Masyarakat Republik Ceko mendesak pemerintahnya untuk mencaplok Kaliningrad dari Rusia. Mereka, dengan bercanda, mengeklaim seruan itu untuk meniru cara pemimpin Kremlin, Presiden Vladimir Putin , dalam mencaplok wilayah-wilayah Ukraina.

Baca juga : Vladimir Putin Bersiap Tes ‘Senjata Kiamat’ NATO Waswas

Sekarang muncul petisi satire yang diluncurkan oleh orang-orang Ceko untuk mendukung aneksasi Kaliningrad, di mana lebih dari 13.000 orang telah menandatanganinya. Kaliningrad—dikenal sebagai Kralovec dalam bahasa Ceko—berada 412 mil di sebelah barat Rusia, diapit oleh Polandia dan Lithuania. Kota itu awalnya didirikan pada abad ke-13 oleh ksatria Teutonik dan juga dikenal sebagai Konigsberg, atau King’s Rock.

Baca juga : Menegangkan, Putin Kerahkan Kereta Divisi Nuklir ke Medan Perang

Seiring waktu berjalan, Kaliningrad kemudian menjadi Ibu Kota Prusia, dan kemudian menjadi milik Polandia, Jerman, Uni Soviet, dan sekarang ini menjadi milik Rusia. Selama Perang Dunia II, Kaliningrad, yang telah menjadi bagian dari Jerman sampai saat itu, dan merupakan salah satu kota terpentingnya, direbut oleh Joseph Stalin dari Adolf Hitler. Selengkapnya Simak Infografis
(mad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!