5 Kilang Minyak dengan Kapasitas Produksi Terbesar di Indonesia

Rabu, 31 Agustus 2022 - 14:09 WIB
click to zoom
5 kilang bahan bakar minyak (BBM) terbesar di Indonesia menjadi tulang punggung ketahanan energi nasional. Keberadaan kilang menjadi kunci mewujudkan kemandirian energi nasional.

Baca juga : Negara-negara yang Menghasilkan Emas Terbanyak di Dunia

Beragam kilang memiliki tugas penting memasok energi di sejumlah sektor, di antaranya transportasi, industri, dan rumah tangga. Guna memenuhi pasokan kebutuhan energi tersebut Pertamina kini tengah melaksanakan program Refinery Development Master Plan (RDMP) dan Grass Root Refinery (GRR) untuk meningkatkan kapasitas kilang dari 1 juta barel per hari akan meningkat dua kali lipat menjadi 2 juta barel per hari (bph) di tahun 2026 mendatang.

Baca juga : Negara-Negara dengan Tujuan Ekspor Batu Bara Indonesia

Program RDMP di jalankan di Kilang Balikpapan, Kilang Dumai, Kilang Balongan dan Kilang Cilacap serta GRR pada Kilang Tuban dan Kilang Bontang. Peningkatan tidak hanya terjadi pada sisi kuantitas, namun juga pada kualitas. Produk BBM kilang Indonesia yang rata-rata akan meningkat menjadi standar EURO V. Program tersebut juga berpotensi meningkatkan produksi petrokimia menjadi 6.600 ribu ton per tahun. Peningkatan kapasitas kilang akan mengurangi volume impor produk BBM yang diproyeksikan dapat menghemat devisa sekitar USD12 miliar per tahun. Berikut 5 kilang terbesar di Indonesia, yang selama ini menjaga ketahanan energi nasional.
(had)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!