Pesawat Rahasia Luar Angkasa China Bertahan 18 Hari di Orbit

Rabu, 24 Agustus 2022 - 20:30 WIB
click to zoom
Pesawat luar angkasa China yang paling rahasia memecahkan rekor penerbangan pesawat luar angkasa tanpa awak. Pesawat uji yang dapat digunakan kembali ini diluncurkan dari Pusat Peluncuran Jiuquan di Gurun Gobi, China , di atas roket Long March 2F pada 4 Agustus 2022.

Baca juga : Bumi Terancam Bolong, Kedalaman Lubang di Chili Terus Bertambah

Ukuran fairing roket serta penampakan amatir dan pelacakan oleh Angkatan Luar Angkasa AS semuanya menunjuk kemiripan dengan X-37B Amerika yang dibangun oleh Boeing. Bedanya, ukuran pesawat luar angkasa China lebih kecil. Ini tampaknya menjadi penerbangan kedua sebagai jawaban China terhadap keberadaan pesawat luar angkasa X-37B milik AS. Pada hari Senin 22 Agustus 2022, pesawat luar angkasa China yang diluncurkan 4 Agustus kini telah berada di orbit selama 18 hari.

Baca juga : Akan Dipensiunkan, Kehebatan A-10 Thunderbolt Bikin Ngiler Ukraina

Sejauh yang diketahui oleh siapa pun di luar program luar angkasa dan militer China, pesawat luar angkasa China ini diyakini telah terbang untuk pertama kalinya pada tahun 2020. Saat itu, pesawat luar angkasa China mampu bertahan di orbit selama dua hari. “Sama seperti misi pesawat ruang angkasa 2020, tampaknya setidaknya satu satelit yang lebih kecil juga dirilis di samping pesawat ruang angkasa,” menurut SpaceNews dikutip SINDOnews dari laman forbes, Selasa (23/8/2022).Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!