Sejumlah Klub Besar Eropa Terancam Sanksi Financial Fair Play

Rabu, 24 Agustus 2022 - 12:30 WIB
click to zoom
Asosiasi Sepak Bola Eropa ( UEFA ) tengah bersiap memberikan sanksi kepada sejumlah klub. Hal itu menyusul pelanggaran Financial Fair Play (FFP) yang dilakukan beberapa klub besar. UEFA mewajibkan klub untuk membelanjakan lima juta euro atau sekitar Rp78 milyar lebih banyak daripada yang mereka dapatkan selama periode tiga tahun. Artinya, klub-klub mesti memperhatikan batasan itu jika tak ingin tersandung aturan FFP.

Baca juga: Cetak Rekor Baru, Haaland Samai Pencapaian Adebayor di Man City

Meski demikian, ada juga keringanan bagi klub untuk mengeluarkan 30 juta euro (Rp469 milyar) lebih banyak lewat saku sang pemilik. Namun, pihak klub harus membahasnya terlebih dahulu dengan UEFA. Kini, seperti dikabarkan Mirror, Rabu (24/8/2022), terdapat setidaknya 10 klub yang melanggar ketentuan tersebut. Termasuk di antaranya Barcelona , Paris Saint-Germain, Marseille, Juventus, Inter Milan dan AS Roma.

Baca juga: Ini 3 Minyak Goreng Non Kolesterol untuk Jaga Kesehatan Jantun

Jika terbukti bersalah, maka 10 klub Eropa itu akan mendapatkan hukuman. Termasuk salah satunya adalah tidak diperkenankan untuk mendaftarkan pemain baru untuk periode tertentu. Selian 10 klub di atas, kabarnya ada juga beberapa tim yang masuk dalam pengawasan. Hal itu dikarenakan sejumlah klub sudah mendekati batas yang diperkenankan dalam FFP.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!