Bangunan Peninggalan Belanda yang Cocok Dikunjungi Saat HUT RI

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:14 WIB
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
Menyambut perayaan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 RI yang jatuh pada 17 Agustus, kamu bisa menjelajahi lima bangunan peninggalan Belanda di Jakarta . Berikut kami rangkum daftar bangunan peninggalan Belanda di Jakarta:

Baca juga : 5 Rekomendasi Jajanan Jadul untuk Rayakan HUT Ke-77 RI

Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta)

Jika mengunjungi Kota Tua , pasti akan menemukan banyak bangunan peninggalan pemerintah kolonial Belanda di wilayah tersebut. Sebab, Kota Tua merupakan pusat pemerintahan Hindia Belanda yang seluruh aktivasnya berpusat di sana. Salah satu gedung ikonik yang selalu menjadi magnet wisatawan adalah Museum Sejarah Jakarta, atau yang lebih dikenal dengan Museum Fatahillah.

Baca juga : 4 Pahlawan Nasional yang Gugur Sebelum Indonesia Merdeka

Stasiun Tanjung Priok

Bangunan peninggalan Belanda yang masih ada dan berfungsi baik hingga kini adalah Stasiun Tanjung Priok . Jika dilihat dari luar, bangunan stasiun ini sangat megah dengan warna putih yang mendominasi. Stasiun ini dibangun pada tahun 1914 saat masa kepemimpinan Gubernur Jenderal A.F.W Idenburg. KAI dalam laman resminya menyebut, Stasiun Tanjung Priok lahir dari tangan dingin seorang arsitek Staats Spoorwegen (SS), perusahaan kereta api negara Hindia Belanda), yaitu C.W Koch. Pembangunan tempat ini melibatkan 1.700 tenaga kerja. Peresmian stasiun ini bersamaan dengan ulang tahun ke-50 SS, pada 6 April 1925. Selengkapnya lihat infografis
(vid)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!