Doa Kita Belum Dikabulkan Allah SWT? Mungkin Ini 5 Penyebabnya

Senin, 15 Agustus 2022 - 13:41 WIB
click to zoom
Berdoa dan memohon kepada Allah Taala adalah perintah agar hajat dan keinginan kita dikabulkan. Namun, bagaimana bila doa belum juga dikabulkan? Adakah penghalang terkabulnya doa ini?

Baca juga: 5 Manfaat dan Keutamaan Bersedekah yang Perlu Diketahui

Sebuah hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thoyyib (baik). Allah tidak akan menerima sesuatu melainkan dari yang thoyyib (baik). Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan Allah juga berfirman: Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang telah kami rezekikan kepadamu. Kemudian Nabi menceritakan tentang seorang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh, sehingga rambutnya kusut, masai dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdoa : "Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku." Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dari yang haram, maka bagaimanakah Allah akan memperkenankan doanya ?" (HR. Muslim No. 1015)

Baca juga: 7 Amalan yang Pahalanya terus Mengalir Meski Sudah Meninggal

Begitu pula Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam mengatakan pada Saad radhiyallahu anhu: "Perbaikilah makananmu, maka doamu akan mustajab." (HR. at-Thabrani).
(had)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!