Tujuh Kota di Indonesia Dibangun Belanda dari Nol

Sabtu, 18 Juni 2022 - 21:50 WIB
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom

Terdapat tujuh kota di Indonesia yang dibangun Belanda dari nol. Sebelum Indonesia merdeka, negara ini sempat di jajah Belanda selama ratusan tahun. Dari penjajahan yang berlangsung ratusan tahun ini, Belanda meninggalkan beberapa warisan. Salah satunya warisan yang berupa infrastruktur. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya infrastruktur khas Belanda di beberapa wilayah.

Baca juga : Berikut ini 5 Mitos Tempat Wisata Bikin Pasangan Putus Cinta

Salatiga

Dulunya kota ini dibangun Pemerintah Belanda untuk pemukiman orang Eropa karena lokasinya berada di antara Semarang dan Solo. Tak heran jika hingga kini kita masih bisa melihat peninggalan infrastruktur khas Belanda ini di kota Salatiga, salah satunya gedung Baron Van Hakeren Van De Sloot atau Gedung Papak.

Baca juga : 5 Pebulu Tangkis Supercantik yang Ramaikan Indonesia Open 2022

Bandung

Kota kembang Bandung dulunya adalah pedesaan sebelum dibangun menjadi pusat pemerintahan dan bisnis pada masa kolinial Belanda. Di tahun 1810, Herman Williem Daendels selaku Gubernur Jenderal Hindia Belanda memindahkan ibu kota Kabupaten Bandung yang dulunya di Krapyak ke kota Bandung yang saat ini. Selengkapnya Simak Infografis

(mad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!