Tersisa 10.000 Ekor, Masa Depan Panda Merah Terancam Punah

Selasa, 07 Juni 2022 - 18:00 WIB
click to zoom
Masa depan panda merah, mamalia mungil yang pandai memanjat pohon ini, terancam mendekati kepunahan . Penelitian terbaru oleh ilmuwan Universitas Queensland, Damber Bista, diperkirakan tinggal 10.000 ekor panda merah yang tersisa di alam liar, sekitar 500 hingga 1000 berada di Nepal.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Pesawat Harus Terbang di Ketinggian 36.000 Kaki

Mr Bista telah mempelajari panda merah selama beberapa tahun dan pada akhir 2019 melakukan perjalanan ke Nepal. Dia menandai panda merah dengan kalung yang memungkinkannya melacak pergerakan mereka melalui satelit. Dia kembali ke Australia pada Januari 2020, dengan niat untuk kembali ke Nepal dalam beberapa bulan untuk terus memantau hewan dan memasang kamera di lapangan, tetapi COVID-19 melanda.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Mobil Sering Mogok di Tengah Rel Kereta

“Saya menghabiskan berjam-jam sehari selama pandemi COVID di rumah, menonton pergerakan panda merah di Nepal melalui komputer,” ujarnya dikutip SINDOnews dari laman ScienceDaily, Selasa (7/6/2022). Mr Bista yang melacak panda merah di Nepal selama 12 bulan dari Queensland menggunakan telemetri GPS, telah menemukan bahwa dampak manusia menyebabkan mamalia ini membatasi pergerakannya yang selanjutnya merusak habitat mereka.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!