Amerika Serikat Kirim HIMARS ke Ukraina, Ini Kehebatannya

Kamis, 02 Juni 2022 - 15:00 WIB
click to zoom
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu (1/6/2022) mengumumkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina di tengah kerugian teritorial Kiev terhadap pasukan Rusia di Donbass. Di antara senjata berat dalam paket tersebut adalah sistem roket multi-peluncuran, HIMARS, yang dapat membawa rudal jarak jauh.

Baca juga : Krisis Ukraina, Rusia Bongkar Siapa Saja yang Untung

“Hari ini, saya mengumumkan paket bantuan keamanan baru yang signifikan untuk memberikan bantuan tepat waktu dan kritis kepada militer Ukraina ,” papar Biden. Dia menjelaskan, “Paket baru ini akan mempersenjatai mereka dengan kemampuan baru dan persenjataan canggih, termasuk HIMARS dengan amunisi medan perang, untuk mempertahankan wilayah mereka dari serangan Rusia.”

Baca juga : Sebagian Besar Kota Sievierodonetsk Dikuasai Rusia

Pentagon menambahkan AS telah menempatkan HIMARS di Eropa untuk pengiriman cepat ke Ukraina. Tahap awal HIMARS akan menjadi empat. Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan AS Colin Kahl kemudian mengatakan Pentagon telah memutuskan memenuhi permintaan Kiev untuk persenjataan canggih karena konflik tiga bulan telah “menjadi duel artileri”. Selengkapnya Simak Infografis
(mad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!