Hyperion, Pohon Paling Tinggi di Dunia yang Berusia Ratusan Tahun

Selasa, 24 Mei 2022 - 21:14 WIB
click to zoom
Hyperion tercatat secara resmi dalam Guinness World Records sebagai pohon tertinggi di dunia setinggi 380 kaki, 9,7 inci atau sekitar 116,07 meter. Hyperion adalah pohon redwood pantai (Sequoia sempervirens) yang menjulang setinggi gedung tingkat 35 lantai di atas garis pantai Taman Nasional Redwood di California Utara.

Baca juga: Daftar 22 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan 30

Lokasi pasti Hyperion sangat dirahasiakan dan dijaga rapat-rapat, tetapi diperkirakan berada di lereng bukit di mana sebagian besar kayu merah pesisir tua telah ditebang. Entah bagaimana, Hyperion bisa lolos dari gergaji mesin, sehingga pohon itu diperkirakan berusia antara 600 dan 800 tahun. “Meskipun berada di lereng yang curam, mereka tumbuh di habitat kayu merah terbaik di planet ini. Mereka tepat di bawah punggung bukit, jadi terlindung dari angin.

Baca juga: Putin Gunakan Nuklir, NATO Bisa Lenyapkan Militer Rusia di Ukraina

Mereka dekat dengan air yang melimpah, dan memiliki banyak kabut, sehingga iklim mikro lokal tetap sejuk dan lembap. Dan mereka memiliki paparan sinar matahari yang bagus,” kata Chris Atkins kepada SFGate bagian dari tim peneliti yang menjelajahi hutan California dikutip SINDOnews dari laman LiveScience, Selasa (24/5/2022). Selengkapnya lihat infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!