10 Mata Uang Terlemah di Dunia Terhadap Dolar Amerika Serikat

Kamis, 19 Mei 2022 - 09:00 WIB
click to zoom
Sejak pandemi Covid-19 berkecamuk, banyak negara di dunia terdampak parah ekonominya. Memburuknya kondisi ekonomi kerap diikuti dengan melemahnya mata uang negara yang bersangkutan. Sebagian mata uang terlemah di dunia adalah milik negara-negara dunia ketiga, di mana ekonominya terdampak parah oleh pandemi. Melansir Saudiscoop.com, berikut deretan mata uang terlemah dunia sepanjang tahun 2022 dibandingkan dengan dolar Amerika Serikat (USD).

Baca juga: Outstanding Pinjaman Fintech Lending ke UMKM Capai Rp13,2 T

Mata uang Riel Kamboja, Kamboja adalah negara kerajaan di Asia Tenggara . Riel Kamboja memulai debutnya pada tahun 1995 dalam upaya untuk menggantikan Piaster Indocina. Mata uang itu dikeluarkan dengan nilai tukar yang sangat rendah dan tidak populer di kalangan penduduk setempat, sehingga tidak dapat maju di pasar global. Mata uang dengan kode KHR ini memiliki nilai tukar 4.063 per USD.

Baca juga: Negara-Negara Penghasil Harta Karun Emas Terbesar di Dunia

Lalu mata uang Guarani Paraguay, Paraguay adalah negara Amerika Selatan termiskin kedua dan mata uang terlemah kesembilan di dunia. Karena kombinasi kegagalan ekonomi, tingkat kemiskinan, korupsi yang tinggi, dan sektor jasa yang kecil, Paraguay belum dapat maju secara ekonomi dalam beberapa tahun terakhir. Mata uang yang berode PYG memiliki nilai tukar 6.856,36 per USD. Selengkapnya lihat infografis.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!