Kremlin: Ini Situasi Sebenarnya di Pabrik Baja Azovstal

Jum'at, 06 Mei 2022 - 10:00 WIB
click to zoom
Pasukan Rusia tidak menyerbu pabrik baja Azovstal di Mariupol, tempat prajurit militer Ukraina dan anggota batalion neo-Nazi Azov bersembunyi selama lebih dari sebulan. Pernyataan itu diungkapkan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Baca juga : Terus Mengalir dari Barat, Bantuan Militer untuk Ukraina

Militer Rusia mematuhi perintah sebelumnya dari Presiden Vladimir Putin untuk tidak menyerbu pabrik tersebut. Pada Selasa, beberapa media Rusia dan Ukraina melaporkan pertempuran telah pecah di dan sekitar kompleks pabrik baja raksasa setelah beberapa hari relatif tenang berkat gencatan senjata yang diumumkan Moskow untuk memastikan evakuasi warga sipil dari daerah tersebut.

Baca juga : Ukraina Hanya Menginginkan Kekalahan Total Bagi Rusia

Pabrik Azovstal diserang dengan artileri dan pemboman udara. Rekaman yang belum diverifikasi yang beredar di media sosial tampaknya menguatkan hal ini, menggambarkan gumpalan asap mengepul dari fasilitas tersebut. Republik Rakyat Donetsk mengklaim militer Ukraina dan pejuang Azov yang bersembunyi di fasilitas industri memanfaatkan jeda pertempuran yang disediakan oleh gencatan senjata evakuasi untuk mengambil posisi baru. Selengkapnya Simak Infografis
(mad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!