Shinzo Abe Mundur, Tantangan Berat Menanti PM Baru Jepang

Selasa, 01 September 2020 - 11:00 WIB
click to zoom
Partai Demokratik Liberal (LDP) Jepang akan mu­lai memilih Per­dana Men­teri (PM) baru pada 14 Sep­tember mendatang. Siapa pun yang ter­pi­lih, suksesor Shinzo Abe yang lengser akibat pesakitan itu akan menghadapi berbagai tantangan berat mulai dari permasalahan ekonomi, diplo­masi, hing­ga keamanan.

Program ekonomi Shinzo Abe yang dikenal dengan sebutan “Abe­no­mic” masih me­nyisakan ma­salah yang perlu dise­le­sai­kan, baik dalam isu menurunnya nilai ekspor hingga me­ning­kat­nya nilai pajak penjualan. Para ahli menilai reformasi struk­tural ekonomi tahap ketiga Abe ma­sih kurang optimal di tengah penduduk Jepang yang menua.

BACA JUGA :

LEGASI KEPEMIMPINAN SHINZO ABE PASCA PENGUNDURAN DIRI

PM JEPANG SHINZO ABE MENGUNDURKAN DIRI

Jepang juga perlu bertindak simultan antara memulihkan ekonomi dan me­nang­gulangi wabah virus Covid-19. Jum­lah kasus Covid-19 di Jepang tidak se­tinggi di Italia, China, atau­pun Amerika Serikat (AS), tapi ang­kanya terus me­ning­kat. Pan­de­mi virus mematikan itu telah menjatuhkan pertum­buh­an eko­nomi Jepang ke titik terendah. Simak kandidat pengganti Shinzo Abe pada infografis.
(vid)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!