Putin Pastikan Rusia Akan Melanjutkan Misi ke Bulan

Kamis, 14 April 2022 - 19:00 WIB
click to zoom
Di tengah berkecamuknya perang di Ukraina, Presiden Vladimir Putin menegaskan kalau Rusia akan melanjutkan misi untuk mengeksplorasi bulan . Untuk memuluskan jalan tersebut, Rusia sedang mengembangkan roket generasi baru Luna 25. Dilansir IFL Science, Rabu (13/4/2022), Putin menegaskan akan melaksanakan rencana ke ruang angkasa kendati mendapat tekanan dari dari sejumlah negara akibat serangan mereka ke Ukraina.

Baca juga: Penyebab Permukaan Bulan Bopeng dan Punya 9.000 Kawah

“Kami akan terus menciptakan roket pengangkut generasi baru dan teknologi untuk energi nuklir di luar angkasa , kami tentunya memiliki keunggulan yang sangat bagus di bidang ini. Kami akan melanjutkan program ke bulan,” kata Putin dilaporkan oleh kantor berita negara Rusia, RIA. Tahap awal, Rusia akan meluncurkan roket Luna 25 pada Agustus 2022 untuk menguji pendaratan di bulan.

Baca juga: Peluncur S-300 yang Dipasok Eropa di Ukraina, Dilenyapkan Rusia

Rencananya Roket Luna 25 akan membawa penjelajah dan instrumen ilmiah seberat 30 kilogram untuk mempelajari tanah kawah Boguslavsky. Selanjutnya, Rusia akan kembali meluncurkan roket Luna 26 pada 2024. Misi ini akan membawa pengorbit untuk memetakan bulan dan kemudian memberi informasi untuk Luna 27 yang akan mendarat di permukaan bulan pada Agustus 2025.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!