9 Nama Julukan Ramadan yang Tidak Dimiliki Bulan Lain

Senin, 04 April 2022 - 17:00 WIB
click to zoom
Banyaknya nama atau julukan menunjukkan sesuatu itu mulia dan agung. Sedikitnya ada 9 (sembilan) nama julukan Ramadhan yang tidak dimiliki bulan lain. Untuk diketahui, Ramadhan adalah bulan ke-9 dari 12 bulan dalam kalender Hijriyah. Rasulullah shallallahi 'alaihi wassallam (SAW) ketika menjelang bulan Suci Ramadhan, Beliau memberi sambutan yang agung.

Baca juga: Sebelum Islam Datang, Puasa Sudah Diwajibkan pada Umat Terdahulu

"Wahai segenap manusia, telah datang kepada kalian bulan yang agung penuh berkah bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasa di siang harinya sebagai kewajiban, dan qiyam di malam harinya sebagai sunnah. Barangsiapa menunaikan ibadah yang difardukan, maka pekerjaan itu setara dengan orang mengerjakan 70 kewajiban."

Baca juga: Warga yang Belum Vaksin Booster Boleh Mudik, Berikut Syaratnya

"Ramadhan merupakan bulan kesabaran dan balasan kesabaran adalah surga. Ramadhan merupakan bulan santunan, bulan yang dimana Allah melapangkan rezeki setiap hamba-Nya. Barangsiapa yang memberikan hidangan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka akan diampuni dosanya, dan dibebaskan dari belenggu neraka, serta mendapatkan pahala setimpal dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa tersebut." (HR Khuzaimah). 9 julukan yang menjadi Keistimewaan Ramadhan simak di infografis
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!