Senjata dengan Teknologi AI Dinilai terlalu Berbahaya

Sabtu, 02 April 2022 - 10:12 WIB
click to zoom

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sudah banyak diterapkan ke berbagai bidang, termasuk ke sistem persenjataan. Adapun senjata yang menggunakan kecerdasan buatan ini, dikenal sebagai senjata otonom atau autonomous weapon system, telah menuai berbagai polemik. Sebab, senjata dengan kemampuan Artificial Intelligence bisa bekerja sendiri tanpa perlu dioperasikan manusia. Dan ini tentu sangat mematikan.

Baca juga: Sejarah Rudal Hipersonik, Mampu Ratakan Ukraina dalam Sekejap

Dilansir dair Scientific American, Rabu (30/3/2022), seorang Profesor Emiritus bidang AI dan Robotika dari Universitas Sheffield di Inggris, Noel Sharkey, menegaskan bahwa senjata otonom merupakan bahaya yang unik bagi umat manusia. Layaknya film Terminator, senjata otonom dapat menemukan, melacak, memilih, dan menyerang target dengan membabi buta, semuanya tanpa pengawasan manusia.

Baca juga: Akhiri Perang, Presiden Zelensky Siap Penuhi Syarat Rusia

"Mereka bisa terdiri dari tank pesawat, kapal dan kapal selam yang semuanya dikendalikan komputer. Bukan tidak mungkin jika senjata terlalu pintar dapat mengambil alih kendali sepenuhnya," kata Sharkey.

(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!