Tupolev Tu-95, Pembom Pengangkut Bom Nuklir Terkuat

Sabtu, 26 Maret 2022 - 16:39 WIB
click to zoom
Tsar Bomba atau disebut AN602 merupakan bom nuklir paling kuat yang pernah dibuat dan diuji.Tsar Bomba adalah bom yang dikembangkan Uni Soviet melalui sekelompok fisikawan nuklir yang dipimpin Igor Kurchatov.

Baca juga : Rusia-Ukraina Perang, Biden Sambangi NATO Ditemani Pesawat Kiamat

Bom itu diuji pada 30 Oktober 1961 dengan dijatuhkan dengan parasut dari pesawat Tu-95V dan diledakkan secara mandiri pada ketinggian 4.000 meter di atas tanjung Sukhoy Nos, Pulau Severny, Novaya Zemlya. Pada awalnya, ledakan ini bersifat rahasia, namun terdeteksi intelijen Amerika Serikat (AS). Komunitas intelijen dan pertahanan AS pun gempar dengan kekuatan bom nuklir Rusia itu.

Baca juga : Adu Kehebatan Tank Amerika Serikat vs Rusia, Lebih Hebat Mana?

Tsar Bomba dibawa pesawat bernama Tupolev Tu-95 atau Bear menurut sebutan NATO. Pesawat ini adalah pesawat pengebom bertenaga turboprop yang dilengkapi empat mesin besar. Tupolev Tu-95 pertama kali diterbangkan pada 1952 dan mulai digunakan Uni Soviet pada 1956. Tupolev Tu-95 memiliki empat mesin Kuznetsov NK-12 yang dikembangkan Biro Desain Kuznetsov dengan baling-baling kontra berputar. Selengkapnya Simak Infografis
(mad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!