Mimpi Erick Thohir Rampingkan BUMN Jadi 40 Perusahaan, Bisakah?

Kamis, 27 Agustus 2020 - 19:00 WIB
click to zoom

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana merampingkan lagi jumlah BUMN yang ada di Indonesia. Hal ini sebagai bentuk efisiensi di tubuh Kementerian BUMN. Dari jumlah 142 BUMN, sudah menjadi 107 BUMN. Kini, mantan Bos Inter Milan itu berniat menyusutkan lagi menjadi hanya 40 perusahaan.

Sebelumnya, berkurangnya jumlah BUMN ini tidak lain karena lahirnya konsolidasi BUMN, di antaranya adalah sektor farmasi dan asuransi. Hingga saat ini Erick terus melakukan efisiensi di tubuh Kementerian BUMN. Untuk sektor farmasi, Erick Thohir berhasil membuat holding BUMN Farmasi. Adapun PT Bio Farma (Persero) menjadi induk perusahaan. Sementara anggota perusahaannya adalah PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma Tbk. Selain untuk efisiensi, holding ini bertujuan memperkuat kamandirian industri dan meningkatkan ketersediaan produk kesehatan.

BACA JUGA :

HADAPI TANTANGAN DUNIA, RITEL KIAN DEKAT KE DIGITALISASI

PEMERINTAH TEBAR RP12 TRILIUN UNTUK MASYARAKAT BERGAJI RENDAH AGAR PUNYA RUMAH

Sementara untuk sektor asuransi , PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau (BPUI) didapuk menjadi perusahaan induk dengan anggotanya yaitu PT Asuransi Jasa Raharja, PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo). Simak selengkapnya di infografis

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!