Empat Dampak Radiasi Nuklir Terhadap Tubuh Manusia

Senin, 14 Maret 2022 - 19:00 WIB
click to zoom
Radiasi nuklir sangat berbahaya manusia karena bisa mengakibatkan berbagai dampak buruk pada tubuh, seperti risiko terkena penyakit kanker, hingga risiko kematian. Radiasi merupakan energi yang dipancarkan dalam bentuk gelombang dan bisa berefek terhadap seluruh makhluk hidup. Dalam hal ini semua makhluk hidup, dari tumbuhan, hewan, hingga manusia bisa terpapar oleh radiasi tersebut. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa dampak radiasi nuklir yang berbahaya bagi tubuh manusia:

Baca juga: Daftar Negara yang Pernah Punya Laboratorium Senjata Biologis

Penyakit Kanker Dampak radiasi nuklir ke tubuh manusia yang pertama adalah berisiko terkena penyakit kanker . Dilansir dari laman US Environmental Protection Agency, ada sebuah penelitian yang melacak kelompok orang yang telah terpapar radiasi nuklir, termasuk korban bom atom dan pekerja industri radiasi.

Baca juga: Ditakuti Sekutu Ukraina, Begini Keganasan Rudal S-400 Rusia

Mutasi Genetik

Dampak radiasi nuklir ke tubuh manusia yang berikutnya adalah mutasi genetik . Dalam hal ini, manusia yang terpapar radiasi nuklir akan mengalami kerusakan DNA dan menyebabkan terjadinya mutasi genetik. Mutasi genetik ini akan berakibat pada keturunan manusia tersebut yang lahir dengan kelainan fisik atau biasa disebut cacat.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!