Rupiah Digital Akan Diperkenalkan pada Forum G20 Indonesia

Selasa, 15 Februari 2022 - 16:07 WIB
click to zoom
Pemerintah bakal memperkenalkan mata uang rupiah digital di Forum kelompok 20 negara maju atau G20 Indonesia Tahun 2022. Pernyataan itu, disampaikan Staf Ahli Menteri Keuangan (Menkeu) Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional, Wempi Saputra, dalam media briefing persiapan 2nd FCBD dan 1st FMCBG G20 secara virtual, Senin (14/2/2022).

Baca juga: MUI Tetapkan Uang Kripto Haram dan Tidak Sah Diperjualbelikan

Menurut dia, ada beberapa hal yang menjadi fokus pembahasan pada forum G20 Indonesia. Salah satu yang menjadi pembahasan utama adalah transformasi digital. Pada forum tersebut, lanjutnya, Indonesia akan mengenalkan suatu sistem pembayaran dalam era digital yang akan dapat di gunakan di negara-negara anggota G20.

Baca juga: Jika Tak Diatur Ketat, Kripto Bisa Picu Krisis Keuangan Global

Hal itu, juga termasuk memperkenalkan mata uang rupiah digital "Ini terkait dengan cross border payment, transaksi perdagangan antar negara, dan bagaimana kita mengenalkan digital currency dari mata uang bank sentral," ujar Wempi. Wempi menjelaskan, langkah tersebut penting dilakukan sebab transfomasi digital yang terjadi saat ini cukup pesat disamping adanya pandemi covid 19.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!