Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, Resolusi di Tahun Baru

Kamis, 20 Agustus 2020 - 11:00 WIB
click to zoom
Besok, Kamis 20 Agustus 2020, umat Islam telah memasuki tahun 1442 Hijriyah . Dalam kalender Islam, awal tahun baru dimulai dengan bulan Muharram, dan tidak memiliki perayaan atau tindakan ibadah tertentu yang menyertainya. Namun, tindakan yang patut dipuji setiap saat sepanjang tahun ini adalah untuk melakukan refleksi diri, merasa bangga dan bersyukur atas perbuatan baik dan mengakui di mana kegagalan yang membutuhkan perbaikan.

Istilah resolusi pun sering kali muncul pada awal tahun baru, termasuk dalam tahun baru hijriyah ini. Kata itu digunakan sebagian besar orang untuk mencapai impian di tahun baru. Makna resolusi saat ini berarti harapan yang sungguh-sungguh dari pribadi seseorang. Dengan makna itu, banyak orang memakai istilah itu untuk membuat rencana agar mencapai tujuan-tujuan.

BACA JUGA :

HAGIA SOPHIA, LEBIH DARI SEKADAR TEMPAT IBADAH

SELAMAT DATANG BULAN DZULHIJJAH, BERIKUT KEUTAMAANNYA

Nah, berkaitan dengan awal tahun baru hijriyah ini, bolehkah umat muslim membuat resolusi? Bagaimana hukumnya menurut syariat? Sebagai umat Islam, kita idealnya menetapkan tujuan tidak hanya bagi kesejahteraan materiil kita saja, tetapi yang lebih penting bagi spiritual kita. Artinya, bukan berarti kita tidak peduli dengan materiil, namun kita harus terus mengingat bagaimana keberlanjutan hidup yang terbentang di depan, begitu mata kita tertutup dari tempat fana yang sementara ini.

Simak infografis selengkapnya.
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!