Asteroid Besar Meluncur Kencang Menuju Bumi, NASA Siaga Satu

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:00 WIB
click to zoom
A steroid besar meluncur kencang menuju bumi malam ini. Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) mengeluarkan peringatan bahwa asteroid tersebut sangat mengancam bumi. Seperti dilansir dari Daily Star Selasa (18/1/2022), mengikuti para ilmuwan NASA menjelaskan benda-benda luar angkasa seperti asteroid yang meluncur ke planet kita pada malam hari dapat menyelinap tanpa terdeteksi oleh jaringan teleskop terkomputerisasi.

BACA JUGA : Mars Terdeteksi Miliki Cadangan Air, Tersembunyi di Bawah Ngarai

Pada 2019, sebuah asteroid berukuran 100 meter nyaris menabrak bumi pada jarak 69.201 kilometer, sehingga mengejutkan komunitas astronomi dunia. Asteroid yang dikenal sebagai 2019 OK adalah insiden terbaru yang tercatat sejak 1908. Setelah objek asing terdeteksi hanya 24 jam sebelumnya, Kongres AS memerintahkan NASA untuk mengidentifikasi 90 persen asteroid berukuran lebih dari 140 meter yang dapat menghancurkan sebuah kota jika itu jatuh ke bumi.

BACA JUGA : NASA Pilih Sepuluh Calon Penjelajah Bulan dan Mars

Sebagai bagian dari perintah itu, NASA meluncurkan pesawat luar angkasa berat tahun lalu untuk menabrak sekelompok komet dan menggeser lintasannya menjauh dari bumi, lapor surat kabar The Telegragph.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!