Daftar Universitas Tertua di Dunia, Ada yang dari Abad ke-9!

Senin, 27 Desember 2021 - 22:00 WIB
click to zoom
Universitas hadir sebagai sarana pendidikan tinggi yang akan menambah kemampuan akademik para mahasiswanya. Tahukah Anda jika beberapa universitas di dunia sudah hadir sejak tahun 1200-an bahkan tahun 970? Berikut daftar universitas tertua di dunia.

Universitas Al-Azhar, Mesir

Al-Azhar didirikan oleh Dinasti Fatimid di tahun 970. Universitas ini menjadi sentra pembelajaran Islam yang ada di Kairo, Mesir. Awalnya, Al-Azhar berfokus pada jurusan kuliah hukum Islam, teologi dan bahasa Arab. Seiring berjalannya waktu, jurusan filsafat dan medis juga ditambahkan. Universitas ini pertama kali menerima mahasiswa wanita di tahun 1962.

BACA JUGA :

5 ARTIS TANAH AIR YANG MEMILIKI ORANG TUA BERPROFESI SEBAGAI GURU

10 UNIVERSITAS TERBAIK DUNIA VERSI US NEWS & WORLD REPORT

Universitas Bologna, Italia

Universitas Bologna yang ada di Italia didirikan pada tahun 1088. Melansir laman Top Universities, universitas ini tidak pernah tutup atau mengalami pemberhentian operasi sejak awal didirikan. Sementara itu, menurut sejarah yang dimuat dalam laman resminya, universitas ini berdiri secara independen dan terkenal sebagai universitas swasta bergengsi di Italia. Univeersitas Bologna hadir dengan fakultas yang sangat beragam, seperti ilmu politik, statistika, kedokteran, pelestarian warisan budaya, dan masih banyak lagi.
(had)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!