Berikut Beberapa Negara yang Memiliki Reaktor Nuklir Terbanyak

Senin, 27 Desember 2021 - 10:15 WIB
click to zoom

Penggunaan reaktor nuklir sebagai energi alternatif banyak digunakan di sejumlah negara sebagai pengganti bahan bakar fosil yang semakin langka. Tidak hanya sebagai sumber tenaga listrik , reaktor nuklir dapat digunakan sebagai penelitian dan membuat radioisotop (isotop radioaktif).

Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa negara yang memiliki reaktor nuklir terbanyak:

1. Amerika Serikat

Negara ini menduduki peringkat pertama dengan total kapasitas nuklir terpasang sebesar 91,5GW, yang dihasilkan oleh 93 reaktor di 30 negara bagian. Pada 2019, AS menggunakan ini untuk menghasilkan 843TWh; lebih dari 30% dari produksi energi nuklir global. Meskipun menjadi pemilik reaktor nulir terbanyak di dunia, Amerika Serikat masih bergantung pada gas alam dan batu bara sebagai pembangkit listrik.

BACA JUGA :

2.000 SENJATA NUKLIR DUNIA DALAM KEADAAN SIAGA TINGGI

9 NEGARA INI HAMBURKAN RP1.027 TRILIUN UNTUK BOM NUKLIR

2. Prancis

Negara ini memiliki total 53 buah reaktor nuklir , yang menyumbang sekitar 75% pasokan listrik yang ada di negara tersebut. Tidak hanya itu, Prancis juga mampu menghasilkan sekitar 17% listriknya dari nuklir daur ulang. Pada 2020, negara ini secara kolektif menghasilkan sebesar 338.7TWh dari reaktor nuklirnya. Pemerintah Prancis sendiri telah berjanji akan membangun lebih banyak reaktor pada 2050.

(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!