Pemerintah Diminta Ambil Langkah Darurat Pendidikan

Senin, 17 Agustus 2020 - 07:00 WIB
click to zoom

KetuaKomisi X DPR, Syaiful Huda memberikan apresiasi atas komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan perbaikan fundamental di bidang pendidikan . Kendati demikian, pemerintah hendaknya mengambil langkah kongkret atas kondisi darurat pendidikan yang terjadi saat ini.

Diketahui dalam Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD menjelang Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Presiden Jokowi menyampaikan jika masa pandemiCOVID-19merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk melakukan perubahan fundamental di berbagai bidang. Strategi besar perlu dilakukan untuk melakukan transformasi di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk bidang kesehatan dan pendidikan. Transformasi besar-besaran ini perlu dilakukan sehingga Indonesia bisa melakukan lompatan besar pasca pandemi COVID-19.

BACA JUGA :

HORE! PEMERINTAH BERI PULSA GRATIS UNTUK GURU, MURID DAN DOSEN

SEKOLAH TATAP MUKA DILARANG DI ZONA MERAH DAN ORANGE

Jika langkah penyelamatan darurat pendidikan telah dilakukan, kata Huda, barulah pemerintah bisa mengajukan strategi besar dalam mengubah sistem pendidikan Indonesia agar kompatibel dengan kondisi pasca COVID-19 . Tentu strategi untuk melakukan transformasi besar di bidang pendidikan itu harus juga mengadopsi langkah antisipasi kondisi luar biasa jika pola pembelajaran tatap muka tidak bisa dilakukan seperti saat ini.

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!