Bukan Rupiah, Berikut Ini 5 Mata Uang Tertua di Indonesia

Selasa, 14 Desember 2021 - 20:00 WIB
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom

Mata uang tertua di Indonesia ternyata beragam. Bukan hanya Rupiah, ada juga Syailendra, mata uang yang pertama kali dicetak pada Kerajaan Mataram. Oleh karena itu, mata uang tertua di Indonesi menarik untuk diketahui. Apalagi, mata uang ini banyak digunakan pada zaman kerajaan yang biasa kita pelajari dalam buku IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) saat sekolah.

Berikut 5 mata uang tertua Indonesia sebelum lahirnya rupiah:

1. Syailendra Mata uang ini pertama kali dicetak pada masa Kerajaan Mataram Syailendra di Jawa Tengah, alias pada 850-an. Bentuknya koin dan berbahan emas atau perak, serta memiliki beberapa nominal. Contohnya, uang kupang. Uang Atak senilai dengan dua kupang, uang Masa senilai dengan empat kupang. Pada bagian depan uang syailendra, tertulis huruf Devanagari yang sering dipakai untuk menulis dalam bahasa Sansekerta.

BACA JUGA :

SEPULUH NEGARA DENGAN DESAIN UANG KERTAS TERCANTIK

MATA UANG LIRA TURKI ANJLOK, HARGA BARANG-BARANG MEROKET

2. Krishnala Pada tahun 1042 hingga 1130 atau zaman Kerajaan Jenggala di Jawa Timur, uang Krishnala hadir dengan bahan dasar emas dan perak. Bentuknya bulat datar untuk koin emas , sedangkan bulat cembung untuk koin perak. Sayangnya, fungsi uang krishnala sebagai pembayaran yang sah mulai tergantikan saat uang kepeng Tiongkok mulai masuk ke Indonesia.

(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!