Kelinci Bertanduk Rusa Ternyata Ada di Dunia Nyata

Senin, 06 Desember 2021 - 11:00 WIB
click to zoom
Kelinci bertanduk rusa hanya hewan mitos? Ternyata di dunia benar-benar ada. Michael Branch, seorang profesor sastra dan lingkungan di University of Nevada mengatakan, meskipun tidak ada hewan hibrida seperti itu namun legenda itu memiliki unsur kebenaran.Jackalope adalah binatang dengan tubuh kelinci dengan tanduk rusa merupakan ikon budaya Amerika Barat.

"Ini adalah makhluk mitologis tapi itu memang memiliki hubungan nyata dengan kelinci bertanduk di alam yang terserang virus papiloma," katanya kepadaLive Science, Minggu (5/12/2021).Kelinci tidak menumbuhkan tanduk secara alami tapi virus papiloma kelinci bisa membuat mereka melakukannya. Papillomavirus umum di banyak spesies, dan setiap jenis biasanya menginfeksi anggota spesies inang tertentu, contoh utama adalah human papillomavirus atau HPV, kata Branch.

BACA JUGA :

INILAH 10 NEGARA DENGAN SPESIES LANGKA TERANCAM PUNAH

TUJUH IKAN AIR TAWAR PALING BERBAHAYA DAN REPUTASI MENGERIKAN

Ketika virus papiloma kelinci menginfeksi kelinci, dapat menyebabkan tumbuhnya tumor jinak di wajah atau kepalanya yang terkadang menyerupai tanduk. Kadang-kadang, tumor terbuat dari keratin, protein yang sama yang membentuk kuku dan rambut.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!