10 Asteroid Terbesar yang Pernah Meninggalkan Kawah Besar di Bumi

Jum'at, 19 November 2021 - 18:00 WIB
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
Sudah berkali-kali asteroid besar pernah menghantam Bumi dan meninggalkan kawah besar. Sebab, energi dari tumbukan asteroid yang keras menimbulkan efek hampir sama dengan bom nuklir. Para ahli dan peneliti ilmuwan menyatakan, dalam 600 juta tahun terakhir sekitar 60 asteroid atau benda serupa berukuran diameter sekitar 3 mil lebih (5 km) telah menghantam bumi.

Dalam sejarah modern, peristiwa Tunguska di Rusia pada tahun 1908 adalah contoh yang nyata. Peristiwa tumbukan asteroid ini membakar sekitar 80 juta pohon di hutan seluas 830 mil persegi (1.335,76 km persegi). Asteroid juga meninggalkan bekas tumbukan yang menganga berupa kawah yang lebar di permukaan Bumi. Berikut peristiwa tumbukan 10 asteroid terbesar di Bumi yang terjadi dikutip dari laman worldatlas;

BACA JUGA :

CUACA EKSTREM DAN PERUBAHAN IKLIM JADIKAN UKURAN BURUNG MENCIUT

3 BENCANA ALAM PALING MEMATIKAN, PERNAH TERJADI DI INDONESIA

1. Vredefort

Tumbukan asteroid terbesar yang pertama menciptakan kawah Vredefort dengan radius 118,061 mil (190 km) di Provinsi Free State, Afrika Selatan, terjadi pada 2 miliar tahun yang lalu. Diperkirakan ukuran asteroid yang menghantam bumi lebarnya sekitar 10 km.

Simak Infografis
(mad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!