Lukisan Termahal Sejagat Dianggap Bukan Karya da Vinci

Selasa, 16 November 2021 - 21:00 WIB
click to zoom

Lukisan termahal sejagat "Salvator Mundi" yang dibeli atas nama Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) disebut-sebut karya Leonardo da Vinci. Namun, lukisan seharga USD450 juta (lebih dari Rp6,4 triliun) ini diturunkan peringkatnya baru-baru ini oleh kurator di Prado, Spanyol. "Keputusan museum Spanyol untuk menurunkan atribusi karya mewakili tanggapan paling kritis dari museum terkemuka sejak penjualan Christies," tulis The Art Newspaper.

Sejak dijual di rumah lelang Christies pada tahun 2017, lukisan yang menggambarkan Yesus Kristus muncul dari kegelapan memberkati dunia dengan satu tangan sambil memegang bola dunia transparan di tangan yang lain itu, belum dipamerkan di depan umum.

BACA JUGA :

LUKISAN TERMAHAL DUNIA SALVATOR MUNDI TERANCAM PUNAH

LUKISAN LANGKA KARYA MUHAMMAD ALI TERJUAL HAMPIR RP14 MILIAR

Lukisan itu telah mengintensifkan misteri tentang kepemilikan dan keberadaannya, dan memperdalam perdebatan tentang keasliannya. Banyak ahli seni terpecah mengenai apakah lukisan itu asli, dengan beberapa mengatakan itu tidak dilukis oleh master Italia, Leonardo da Vinci, secara pribadi melainkan oleh bengkelnya.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!