6 Pangkalan AS Diterobos Jet Tempur Siluman Su-57 Rusia

Senin, 04 Mei 2020 - 20:00 WIB
click to zoom
Media Rusia, Avia.Pro, melaporkan pesawat jet tempur siluman Su-57 Rusia terbang tanpa terdeteksi di atas enam pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak dan Suriah. Selama ini, pesawat Moskow itu jadi bahan olok-olokan di Washington.Dalam laporannya pada hari Minggu (3/5/2020), media itu menyatakan pesawat tempur Su-57 Rusia berhasil melewati pangkalan udara militer Amerika di Irak utara tanpa diketahui. Kejadian itu terjadi selama penampilan terakhir sebuah jet tempur generasi kelima Rusia tersebut di Suriah.

Menurut beberapa sumber militer yang dikutip media tersebut, Turki tidak mengizinkan munculnya pesawat tempur Rusia di atas wilayah udaranya, dan karenanya, pesawat tempur Su-57 Rusia dapat mencapai pangkalan udara Khmeimim secara eksklusif melalui wilayah udara Irak di bagian utara, dan kemudian memasuki dan ke wilayah udara Suriah langsung di atas instalasi militer Amerika.

BACA JUGA :

DUO PEUGEOT BERHASIL RAIH RED DOT DESIGN AWARD 2020 INI PELAKU BISNIS DAN INDUSTRI YANG TERIMA LISTRIK GRATIS Dari rute-rutenya, sebuah jet tempur Su-57 Rusia terbang melalui koridor dengan setidaknya tiga pangkalan militer AS di Irak dan tiga lainnya di Suriah.Militer Moskow dan Washington belum berkomentar atas laporan tersebut. Namun, pesawat siluman itu memang kerap beroperasi di Suriah tanpa dikonfirmasi secara resmi oleh militer Kremlin.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!